Pemeriksaan Endoscopic Ultrasound (EUS)

Pemeriksaan Endoscopic Ultrasound (EUS) pada Penyakit Saluran Empedu & Pankreas: Teknologi tua yang bersemi kembali

DR.Dr. C. Rinaldi A. Lesmana PhD, Sp.PD, KGEH, F.A.C.P, FINASIM

Digestive Disease & GI Oncology Center, Medistra Hospital, Jakarta

 

Pendahuluan

Penyakit batu kantong empedu (Cholelithiasis), batu saluran empedu (Choledocolithiasis), keganasan pada kantong empedu (Gallbladder Cancer) /saluran empedu (Cholangiocarcinoma), dan penyakit keganasan pankreas (Pancreatic Cancer) merupakan penyakit yang terkadang tidak mudah dideteksi pada praktek sehari-sehari baik bagi para dokter spesialis penyakit dalam ataupun seorang dokter Konsultan Gastroenterohepatologi (KGEH). Kemampuan klinis dokter menjadi penting ketika perlu untuk menentukan pemeriksaan lanjutan yang akurat untuk memperkuat dugaan penyebab penyakit serta menentukan tata laksana selanjutnya. Hal ini dikarenakan pasien bisa memiliki gejala yang sama untuk penyakit saluran empedu, dan pankreas.

 

Pemeriksaan Endoskopik Ultrasonografi (Endoscopic Ultrasound/EUS)

Tindakan endoskopik ultrasonografi (Endoscopic Ultrsound / EUS) adalah suatu pemeriksaan ultrasonografi (USG) dengan alat endoskopi melalui saluran pencernaan sehingga didapatkan gambaran organ yang lebih baik bila dibandingkan dengan pemeriksaan USG saja. Pada kasus batu saluran empedu ataupun kecurigaan adanya tumor ganas di pankreas terkadang sulit untuk dideteksi dengan pemeriksaan USG saja bahkan dengan pemeriksaan yang lebih canggih seperti CT-scan abdomen. Teknologi pencitraan seperti MRI-MRCP sebetulnya memiliki sensitivitas yang tinggi dalam mendeteksi kelainan pada saluran empedu ataupun pankreas tetapi biasanya pada penderita usia lanjut sulit untuk dilakukan oleh karena sulitnya untuk menahan nafas selama pemeriksaan, dan juga adanya ketakutan pasien dalam ruang tertutup yang memakan waktu cukup lama terkadang bisa menjadi kendala. Selain itu, pada sebagian kasus juga bisa saja sulit untuk mendeteksi adanya tumor

Pemeriksaan EUS memiliki keunggulan seperti tidak adanya risiko radiasi, dilakukan hanya di ruang tindakan endoskopi biasa, dan tidak memakan waktu yang lama. Pasien juga tidak perlu khawatir oleh karena tindakan ini biasa dilakukan dengan sedasi/anestesi sehingga tidak perlu merasa cemas hingga pemeriksaan ini berakhir. Pemeriksaan ini sebetulnya sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu hanya saja dulu teknologi pemeriksaan ini hanya sebatas diagnostik dengan resolusi gambar yang tidak begitu baik dan tidak bisa untuk pengambilan contoh jaringan bila diperlukan. Saat ini dengan resolusi gambar yang lebih baik, dimana selama pemeriksaan ini juga bisa sekaligus dilakukan pengambilan contoh jaringan bila memang diperlukan. Selain itu, tindakan EUS saat ini juga bisa dipergunakan sebagai tindakan terapi pada sumbatan saluran empedu.

Dengan adanya tindakan pemeriksaan EUS bukan berarti meniadakan peran dari pemeriksaan pencitraan lainnya, seperti CT-scan abdomen dan MRI abdomen tetapi bisa melengkapi kekurangan dari pemeriksaan tersebut bahkan bisa menjadi alternatif pemeriksaan bila pasien mengalami kesulitan untuk menjalani pemeriksaan pencitraan standar tersebut.

Tindakan EUS merupakan teknologi tua yang mulai bersemi kembali. Di masa mendatang diharapkan dengan adanya alat ini dapat membantu tata laksana pasien lebih baik khususnya di bidang Penyakit Hepato-Pancreatico-Bilier.

 

 


 

 

 

 

 

 
The contents of this webpage are copyright � 2007-2008 Medistra Hospital. All rights reserved.
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan