Tindakan Tanpa Operasi untuk Pasien Gagal Jantung

“The Parachute®”Ventricular Partitioning Device

Pertama Kali di Indonesia.


Berdasarkan banyak penelitian, serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang paling sering merenggut nyawa manusia di dunia. Kondisi ini membuat setiap orang untuk lebih waspada dan mencari tahu bagaimana pencegahan dan pengobatannya sejak dini. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, para peneliti gencar melakukan penelitian untuk menciptakan bermacam jenis pengobatan mulai dari alat medis hingga tindakan medis yang akan dilakukan.

Serangan jantung adalah suatu kondisi dimana terjadi kerusakan yang dialami oleh bagian otot jantung (myocardium) yang diakibatkan kejadian mendadak berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. Serangan jantung tersebut mengakibatkan sebagian otot jantung mengalami kerusakan sehingga jantung mengalami remodelling. Remodelling jantung terjadi karena otot jantung yang rusak diganti dengan jaringan ikat yang tidak memiliki kemampuan untuk memompa, sementara otot jantung yang masih sehat harus “bekerja lebih keras” untuk memompa yang pada akhirnya menyebabkan jantung membengkak, fungsi pompa menurun dan pada akhirnya mengalami gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung tidak mampu lagi melakukan tugasnya mencukupi kebutuhan darah tubuh untuk metabolisme dengan gejala sesak napas, cepat lelah dan pembengkakan pada kaki. Sebuah alat baru yang disebut “Parachute” diharapkan dapat memperbaiki keadaan ini.

 


 

The Parachute® Ventricular Partitioning device merupakan salah satu alat medis yang saat ini telah digunakan untuk pengobatan terapi bagi pasien pasien yang memiliki penyakit gagal jantung. “Parachute” dapat diibaratkan seperti partisi yang membagi sebuah ruangan menjadi dua bagian. Sesuai namanya, “Parachute” memiliki bentuk menyerupai parasut. Terapi ini masih tergolong baru, dimulai tahun 2009, masih tahap penelitian. Pada bulan Mei 2014, salah satu pionir di bidang ini, dr. William Abraham dari Ohio State University melaporkan hasil pemasangan parachute pada 111 pasien pertama pada European Society of Cardiology (ESC) Heart Failure Congress 2014. Sedangkan di Indonesia, RS Medistra merupakan rumah sakit yang pertama kali telah melakukan tindakan “Parachute” yaitu pada bulan Juni 2014 yang dokomandani oleh Prof. DR. Teguh Santoso S, MD, FACC, FESC bersama Tim Angiografi RS Medistra.  

                                                                                  

Secara teknis, alat ini dimasukkan melalui pembuluh darah arteri di pangkal paha, lalu didorong masuk sampai ke bilik kiri. Sampai di bilik kiri, alat yang menyerupai payung terbalik ini “dipasang” di pojok bilik kiri (istilah medisnya apex). Penempatan parachute sedemikian rupa sehingga memisahkan bagian otot yang sudah rusak di belakang parachute, dan otot yang sehat di depan parachute. Dengan terpasangnya parachute bilik kiri jantung “di-reshape” (dibentuk ulang), dengan harapan dimensi rongga jantung yang telah membengkak akan kembali mendekati normal, dan pada akhirnya kemampuan pompa jantung akan membaik.

Secara klinis, pasien juga mengalami perbaikan fungsi jantung dan meningkatkan kualitas hidup yang ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan berjalan dalam “tes jalan 6 menit” (six minutes walk test). Melihat hasil penelitian ini, parachute memberikan harapan baru untuk pasien-pasien gagal jantung. Penelitian yang lebih besar masih diperlukan, meskipun hasil awal ini sangat menggembirakan, masih dibutuhkan penelitian acak terkontrol jangka panjang untuk lebih memastikan manfaat dan resiko terapi ini.

 

 

 

 
The contents of this webpage are copyright � 2007-2008 Medistra Hospital. All rights reserved.
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan