INSEMINASI

INSEMINASI

Mendapatkan buah hati merupakan hal yang diidamkan oleh hampir semua pasangan. Namun tak semua orang yang sudah menikah mendapatkan buah hati dengan mudah. Banyak yang harus melalui berbagai proses dan metode medis sebagai usaha untuk menghadirkan sang buah hati. Salah satu caranya dengan proses inseminasi yang kerap dipilih oleh banyak pasangan.

Inseminasi adalah salah satu teknik untuk membantu proses reproduksi dengan cara menyemprotkan sperma yang telah dipreparasi (diproses) ke dalam rahim menggunakan kateter dengan tujuan membantu sperma menuju telur yang telah matang (ovulasi) sehingga terjadi pembuahan.

Berbeda dengan bayi tabung, proses pembuahan pada teknik inseminasi terjadi di saluran telur. Biasanya teknik ini ditujukan untuk membantu problem infertilitas seperti jumlah sperma yang sedikit atau bentuk rahim yang susah dijangkau oleh sperma dalam perjalanannya menuju telur.

 

PROSEDUR

Untuk mendapatkan sperma, pria (suami) dapat bermasturbasi ke dalam penampung khusus yang steril, dan diserahkan tidak lebih dari 1 jam dari waktu pengeluaran. Hal ini dapat dilakukan di rumah pasangan atau di rumah sakit.

Inseminasi dijadwalkan di sekitar waktu ovulasi, karena salah satu faktor keberhasilan inseminasi adalah bila dilakukan sedekat mungkin dengan waktu ovulasi. Waktu ovulasi diperkirakan berdasarkan alat deteksi ovulasi kartu SBB, atau dengan injeksi HCG (Human Chorionic Gonadothropine) untuk maturasi akhir dan pemecahan folikel (kantung sel telur). Inseminasi biasanya dilakukan sekali atau dua kali sebulan tergantung dari siklus menstruasi.

Prosedur inseminasi cukup sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Wanita berbaring pada meja periksa dan dokter akan memasukkan speculum ke dalam vagina. Semen yang telah diproses (‘dicuci’) di laboratorium akan dimasukkan ke dalam rongga uterus dengan menggunakan kateter lembut plastic steril.  Bila wanita mengalami ovulasi yang tidak teratur, dokter akan meresepkan obat-obat untuk merangsang (induksi) ovulasi.  Inseminasi biasanya dilakukan dengan bersama-sama dengan induksi ovulasi untuk meningkatkan kemungkinan fertilisasi.

Pelayanan ini telah tersedia di RS Medistra, beberapa Dokter ahli seperti Dr. Gede Widi Mariada, SpOG menangani kasus-kasus ini yang berkaitan dengan infertilitas di RS Medistra. Konsultasikan segera masalah anda dengan ahlinya.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Bagian Informasi

RS Medistra

Telp. 021-5210 200 Ext. 101 / 145, Fax. 021-5210 184

Email: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Website: www.medistra.com

 
The contents of this webpage are copyright � 2007-2008 Medistra Hospital. All rights reserved.
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan