Klinik Urologi - Kikis Luar Negeri Minded Lewat Pelayanan

Oleh : Dr. Rochani, Sp.U 

 

Fakta jelas membuktikan bahwa seluruh dokter dimanapun memiliki protokoler yang sama dalam menangani pasien.

Tidak bisa dipungkiri bahwa demi bisa memenangi persaingan global, pelayanan merupakan hal yang sangat mendesak untuk diprioritaskan. “Jika bicara soal peralatan maupun kualitas SDM, kita tidak banyak berbeda dengan luar negeri. Alat yang paling mutakhir sudah bisa disiapkan. Begitupun dalam hal ilmu, kita memiliki sarana pertemuan yang rutin dimana dokter dari seluruh dunia hadir disitu. Ini berarti, ilmu yang mereka terapkan sebenarnya sama dengan yang kita terapkan karena itu merupakan hasil dari diskusi bersama. Apapun yang kita kerjakan memiliki protokol yang sama. Masalahnya tinggal bagaimana kita bisa menjamin kenyamanan pasien, ” kata Dr. Rochani Sp.U, salah satu dokter di Klinik Urologi RS. Medistra.

Hal inilah yang menjadi latar belakang lahirnya Klinik Urologi RS. Medistra Jakarta, yaitu untuk memberikan layanan ekstra lewat One Stop Service kepada pasien. Setiap pasien yang datang akan langsung diwawancara oleh tim dokter yang senantiasa hadir selama 24 jam. Setelah itu, pasien diperiksa, cek laboratorium, proses foto, diterangkan penyakitnya, dengan jelas, kemudian baru ajukan metode pengobatan yang tepat.

Klinik Urologi RS. Medistra menawarkan berbagai layanan lengkap. Mulai dari diagnostik seperti penggunaan pencitraan (imaging) dari Rontgen sampai USG, atau bahkan MSCT Scan dan MRI, disamping pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan laboratorium, uroflowmetri, (pemeriksaan pancaran air seni), dll. Disamping itu para dokter mampu melakukan biopsi prostat dengan guiding USG dan pemeriksaan Patologi Anatomi untuk menentukan adakah keganasan prostat. Untuk terapi di bidang urologi RS Medistra mampu melakukan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), Percutanous Nephrolithomy (pengambilan/pemecahan batu melalui penusukkan kulit), Transurethral Resection, sampai pada urologi rekonstruksi seperti pembuatan kandung kencing, atau pada kasus bawaan pada hypospadia (lubang kencing laki-laki ada dibawah/pangkal penis)

”Jadi sudah tidak model lagi pasien bolak-balik ke rumah sakit hanya untuk memastikan tindakan yang diperlukan. Sekarang datang, sekarang diperiksa, sekarang ditentukan pengobatannya, dan bila perlu sekarang juga melakukan tindakannya karena alatnya sudah tersedia, ” ujar urolog yang sejak tahun 1994 menjabat sebagai Kepala Departemen Urologi di FKUI/RSCM ini.

 

Kelainan yang dapat ditangani di Klinik Urologi RS Medistra, adalah:

1.      Batu Ginjal

2.      Batu saluran kemih

3.      Pembesaran prostat jinak dan kanker prostat

4.      Keganasan saluran kemih

5.      Inkontinesia / ngompol

6.      Kelainan urologi pada  anak

  
Penatalaksanaan yang dapat dilakukan di Klinik Urologi :

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) adalah tindakan memecah batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu menjadi pecahan yang halus, sehingga pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni. Keutungan dari tindakan ESWL ini yaitu tindakan ini dilakukan tanpa membuat luka, tanpa pembiusan dan dapat tanpa rawat inap.

 URS merupakan prosedur tindakan pemeriksaan saluran kandung kemih yang menggunakan suatu alat yang dimasukkan melalui saluran kemih kedalam ureter kemudian batu dipecahkan dengan gelombang pneumatik. Pecahan batu akan keluar bersama air seni.

 PCNL  merupakan tindakan menghancurkan batu ginjal dengan memasukkan alat endoskopi yang dimasukkan kedalam ginjal sehingga batu dapat dihancurkan dengan alat tersebut.  Tindakan ini memerlukan pembiusan dan rawat inap.

TUR (Reseksi Prostat Transuretra), merupakan operasi yang paling sering dilakukan untuk mengambil jaringan prostat yang kemudian dikeluarkan sehingga aliran kecing kembali lancar tanpa luka pada kulit.

1. Penanganan Batu Ginjal :

       a. Diagnostik :  

-    USG (Ultra Sonografi)

-    Foto Polos perut / BNO (Bladder Neck Obstruction) dan Pemeriksaan rontgen saluran kemih / IVP (Intranenous Pyelogram)

- CT Scan     

       b. Terapi :  

- Operasi Kecil pengambilan batu ginjal / PCNL (Percutaneous  Nephrolithotomy)

- Pemeriksaan saluran kandung kemih / URS (Uretersistoscopy)

- Alat pemecah batu dari luar tubuh dengan   gelombang kejut / ESW (Extracorporeal Shock  Wave Lithotripsy)

- Operasi Terbuka

2. Penanganan Penyakit Prostat:

a. Diagnostik   : 

-    Pemeriksaan Riwayat Penyakit  berupa kuesioner / IPSS (Internal Prostate Symptom Score)

-    Pemeriksaan dengan cairan urine / Uroflowmetri

-    USG (Resudual Urine).

- Pemeriksaan Laboratorium Kanker Prostate dengan PSA (Prostate Specific Antigen) Urodynamic.

b. Terapi :

-    Medical Treatment

-    TransUrethal Resection of The Prostate / TUR Prostate

-    Laser

 

 

 

 

 
The contents of this webpage are copyright � 2007-2008 Medistra Hospital. All rights reserved.
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan