Penyakit Dalam (Hati dan Saluran Cerna)

 

 

 

 

Rumah Sakit Medistra memiliki Pelayanan Khusus Penyakit Dalam (Hati dan Saluran Cerna) yang melayani prosedur diagnostik dan terapetik untuk saluran cerna atas dan bawah dan juga ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio-Pancreatography). Sedangkan prosedur lain di bidang penyakit hati seperti tindakan biopsi hati, aspirasi jarum halus (untuk biopsi tumor di hati dan abses hati), dan PTBD (Percutaneous Transhepatic Biliary Drainage).

 

Medistra Digestive Disease & GI Oncology Center merupakan pusat pelayanan terpadu penyakit hati dan saluran cerna yang dilengkapi dengan pelayanan diagnostik maupun terapetik. Digestive Disease & GI Oncology Center telah bekerjasama dengan Asian Institute of Gastroenterology - Hyderabad, India. Digestive Disease & GI Oncology Center didukung oleh dokter ahli dalam berbagai aspek manajemen untuk penanganan penyakit saluran pencernaan seperti ahli penyakit hati, bedah digestive, radiologi, patologi, penyakit darah, dll.

 

FASILITAS & PELAYANAN

  • Biopsi Hati
  • ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangiopancreatography) adalah teknik yang menggabungkan penggunaan endoskopi dan fluoroskopi untuk mendiagnosa dan mengobati masalah tertentu dari bilier atau sistem duktus pankreas.
  • Endoskopi, Skleroterapi, Ligasi & Hemoklip.
  • Endoskopi Polypectomy adalah prosedur non invasif untuk menghilangkan polip dari saluran pencernaan
  • EUS (Endoscopy Ultrasonography) adalah teknik pemeriksaan organ pencernaan dengan penggunaan endoskopi yang dikombinasikan dengan ultrasografi. 
  • Fibroscan adalah teknik yang digunakan untuk menilai pengerasan hati.
  • HVPG (Hepatic Vein Pressure Gradient) adalah pengukuran gradien tekanan vena hati.
  • PTBD (Percutaneus Transhepatic Biliary Drainase) adalah prosedur terapi pemasangan stent melalui kulit pada kasus penymbatan saluran empedu.
  • Gastroskopi adalah pemeriksaan kelainan pada lambung.
  • Kolonoskopi adalah pemeriksaan kelainan pada usus besar.
  • Rektoscopi adalah pemeriksaan kelainan pada saluran rektum / daerah usus besar dekat anus.
  • Onkologi & Hematologi pada kasus Kanker Saluran Cerna.

 

Salah satu unggulan dalam bidang Endoscopi di Rumah Sakit Medistra adalah ERCP. ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio-Pancreatography) adalah suatu tindakan endoskopi yang diindikasikan untuk kasus-kasus penyakit saluran empedu ataupun pankreas (Batu saluran empedu, striktur saluran empedu baik yang jinak maupun ganas/tumor Klatskin, sumbatan saluran empedu akibat tumor di muara saluran empedu/CholangioCA ataupun tumor di pankreas, batu di pankreas, dll) yang dilakukan oleh seorang dokter spesialis khususnya di bidang hepato-bilier yang sudah mendapatkan pelatihan khusus.

 

 

Perkembangan Tindakan Endoskopi RS. Medistra

2008-2012

 

Tindakan

2009

2010

2011

2012

2013

Terapetik

 

Diagnostik

 

151

 

1252

141

 

1315

129

 

1417

136

 

1256

376

 

1162

 

TOTAL

 

 

1403

 

1456

 

1546

 

1392

 

1538

 

Tindakan ini dilakukan dengan sedasi yang dilakukan oleh dokter anestesi dan dilakukan di ruang khusus dengan fluoroskopi. Tehnik yang dilakukan memasukkan duodenoscope sampai ke depan muara papil kemudian dilakukan kanulasi dengan kateter (memasukkan kateter ke dalam saluran empedu melalui papil) dan diinjeksikan kontras sehingga terdapat gambaran yang jelas mengenai penyakit yang ada. Setelah itu, untuk pengambilan batu biasanya dilakukan sfingterotomi (pembukaan muara saluran/papil)  dengan syarat faktor pembekuan darah baik, diikuti pengambilan batu dengan basket atau balon. Bila batu yang terdapat di saluran merupakan batu yang keras dan muara saluran agak sempit bisa dilakukan pemecahan batu dengan alat pemecah batu (BML). Sedangkan untuk striktur atau penekanan pada saluran empedu akibat tumor bisa dilakukan pemasangan stent baik yang plastik maupun yang kawat sehingga aliran empedu akan menjadi lancar kembali. Semua tindakan ini cukup dilakukan per endoskopik saja.

 

          
                                      Fluroscopy                                      Alat Endoscopy

 

Komplikasi yang bisa terjadi seperti perdarahan setelah tindakan sfingterotomi bisa ditangani segera dengan injeksi adrenalin maupun penekanan daerah yang menjadi sumber perdarahan dengan balon. Sedangkan komplikasi lain seperti pankreatitis akibat rangsangan kanulasi pada papil bisa di tata laksana seperti pasien pankreatitis pada umumnya walaupun tidak selalu terjadi.

Pada pasien-pasien usia lanjut tindakan ini sangat bermanfaat bila dibandingkan tindakan operasi yang memiliki kemungkinan komplikasi cukup besar. Saat ini dengan adanya kemajuan di bidang radiologi diagnostik, adanya pemeriksaan MRCP (pemeriksaan non-invasif) sudah bisa menggantikan ERCP diagnostik sehingga saat ini tindakan ERCP hanya dilakukan untuk terapi saja.

Selain itu, RS Medistra sudah bisa melakukan tindakan pemeriksaan Endoskopik Ultrasonografi (Endoscopic Ultrsound / EUS). EUS adalah suatu pemeriksaan ultrasonografi (USG) dengan alat endoskopi melalui saluran pencernaan sehingga didapatkan gambaran organ yang lebih baik bila dibandingkan dengan pemeriksaan USG saja. Pada kasus batu saluran empedu ataupun kecurigaan adanya tumor ganas di pankreas terkadang sulit untuk dideteksi dengan pemeriksaan USG saja bahkan dengan pemeriksaan yang lebih canggih seperti CT-scan abdomen. Teknologi pencitraan seperti MRI-MRCP sebetulnya memiliki sensitivitas yang tinggi dalam mendeteksi kelainan pada saluran empedu ataupun pankreas tetapi biasanya pada penderita usia lanjut sulit untuk dilakukan oleh karena sulitnya untuk menahan nafas selama pemeriksaan, dan juga adanya ketakutan pasien dalam ruang tertutup yang memakan waktu cukup lama terkadang bisa menjadi kendala. Selain itu, pada sebagian kasus juga bisa saja sulit untuk mendeteksi adanya tumor.

Pemeriksaan EUS memiliki keunggulan seperti tidak adanya risiko radiasi, dilakukan hanya di ruang tindakan endoskopi biasa, dan tidak memakan waktu yang lama. Pasien juga tidak perlu khawatir oleh karena tindakan ini biasa dilakukan dengan sedasi/anestesi sehingga tidak perlu merasa cemas hingga pemeriksaan ini berakhir. Dengan adanya tindakan pemeriksaan EUS bukan berarti meniadakan peran dari pemeriksaan pencitraan lainnya, seperti CT-scan abdomen dan MRI abdomen tetapi bisa melengkapi kekurangan dari pemeriksaan tersebut bahkan bisa menjadi alternatif pemeriksaan bila pasien mengalami kesulitan untuk menjalani pemeriksaan pencitraan standar tersebut.

  

Informasi lebih lanjut, hubungi: 

Unit Endoskopi - RS MEDISTRA

Direct Line: (021) 521-0200 Ext: 105 & 106

Information : (021) 521-0200 Ext. 101

 

 

 
The contents of this webpage are copyright � 2007-2008 Medistra Hospital. All rights reserved.
isuzu cikarang isuzu cikarang bekasi jakarta isuzu giga isuzu giga isuzu giga isuzu elf isuzu panther Dealer Isuzu Bekasi Cibitung Cikarang isuzu elf isuzu giga elf sparepart isuzu kredit isuzu harga isuzu promo isuzu dealer isuzu isuzu isuzu mobil isuzu bekasi isuzu online isuzu kita promo isuzu promo isuzu isuzu giga isuzu panther isuzu elf paket umroh Resep Masakan Resep Masakan